Keterampilan Bushcraft yg Bermanfaat tuk Penggemar Camping

Survival ialah upaya buat bertahan hidup atau menolong diri sendiri maupun orang lain dari keadaan tak terduga contohnya bencana alam, tersesat di hutan, pesawat jatuh, kapal karam dll.

Lain halnya dengan keterampilan bushcraft, skill ini mengarah ke natural crafting yakni mengkreasikan sesuatu dengan bahan dari alam.

Singkatnya bushcraft ialah skill untuk dapat hidup di alam bebas, atau skill untuk paham serta mengambil manfaat dari alam. Termasuk didalamnya skill dasar survival untuk bertahan hidup sendiri maupun bersama orang lain.

Berikut ini keterampilan bushcraft yang bermanfaat tuk penggemar camping

1. Menggunakan Pisau

Pisau ialah alat utama serta yg terpenting dalam bushcrafting. Sebab bermacam-macam aktifitas yg membutuhkan bantuan pisau. Tak ada pisau, teman-teman bakal merasa layaknya macan yang tak punya cakar serta taring.

Gunakan pisau yg full tank. Full tank berarti sibilah pisaunya menyatu ato sebatang utuh dari ujung hingga ke gagang serta tebal.

Cocokkan bahan dari pisau dgn iklim daerah kegiatan. Bahan pisau yg baik serta disarankan ialah baja dgn kandungan carbon tinggi yakni antara 0.4–1%. Dengan komposisi ini pisau yang kita punya akan tahan tumpul.

Rekomendasi: Tempat Camping di Bogor yang Bagus

Tapi ada kekurangannya, dia mudah karatan di daerah yang lembab.

Dengan kata lain untuk daerah beriklim tropis seperti Indonesia, pilih pisau berbahan stainless atau baja putih. Dia tahan karat, namun ada kurangnya juga yakni cepet tumpul.

2. Membuat Api

Bikin api ada skillnya? Ada dong..

Banyak teknik untuk membuat api. Sebutlah diantaranya yaitu bow drill, hand drill, piston serta flint and steel.

Tiap teknik memiliki kesukaran tersendiri. Bagus bila teman-teman belajar semuanya, atau setidaknya tak hanya dua metode membuat api saja yang teman-teman tahu.

Teknik membuat api menjadi penting karena banyak manfaatnya untuk skill bertahan hidup manusia misalkan untuk memasak hingga menjauhkan kita dari hewan buas yang bisa mengancam nyawa manusia.

3. Tali Temali atau Membuat Simpul

Keterampilan tali temali atau simpul akan bermanfaat. Misalnya skill ini akan dibutuhkan saat mau menyiapkan jebakan binatan, buat senjata seperti tombak, hingga bivak.

Sejumlah simpul esensial diantaranya timber hitch knot, clove hitch knot, half hitch knot, fisherman’s knot, prusik knot hingga quick release.

4. Berburu serta Membuat Perangkap

Ada kalanya mungkin skill ini akan dibutuhkan. Meskipun tentunya hampir tak pernah akan digunakan oleh para campinger karena sudah menyiapkan segala sesuatunya termasuk bahan makanan selama camping.

Namun bila stok makanan ternyata habis dan masih belum bisa pulang, bisa jadi campinger kan perlu skill ini.

Buat berburu serta menyiapkan perangkap teman-teman dapat memakai tombak, panah, pisau dll.

Bila ingin membuat perangkap, sesuaikan dulu apa targetnya. Misalnya pancing atau bubu buat menangkap ikan serta jerat kaki buat hewan darat dll.

5. Membuat Tempat Berlindung atau “Shelter”

Shelter ialah tempat berlindung. Jelas sangat esensial karena pakaian saja takkan bisa 100% melindungi teman-teman dari cuaca.

3 macam shelter yaitu shelter alam, shelter semi alam serta shelter buatan.

Tempat berlindung atau shelter penting artinya dalam aktivitas bushcrafting, sebab pakaian semata tak bisa melindungi teman-teman dari cuaca.

Shelter buatan sudah pasti campinger kenal karena salah satu contohnya ialah ponco atau kemah. Lainnya yaitu flysheet maupun plastik.

Shelter semi alam ialah tempat berlindung yang terlahir dari improvisasi memanfaatkan medan dan bahan yang alam sediakan. Misalkan shelter tanaman, shelter batu dan shelter pohon.

Shelter alam merupakan produk dari alam seperti contohnya celah tebing dan gua.

6. Membaca Jejak

Tak jarang kita kan temukan jejak-jejak ketika bertualang di alam. Apakah itu jejak alami maupun jejak buatan.

Jejak alami ialah jejak dari manusia serta jejaknya binatang.

Sedangkan jejak buatan maksudnya ialah jalur evakuasi, jalur pendakian, jalur mata air dll.

Skill membaca jejak yang terasah akan membantu skill lainnya seperti skill berburu.

7. Mendapatkan Air

Sangat jelas bahwa ketersediaan air sangat krusial untuk manusia. Keterampilan mendapatkan air adalah seni esensial bertahan hidup.

Banyak metoda tuk memperoleh air, contohnya yaitu filtrasi, mengumpulkan air hujan dan embun, kondensasi dsb.

Bila teman-teman mencari informasi Camping Ground Bogor Murah, hubungi kami ya ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here