Tips Memilih Kompor buat Camping & Mendaki Gunung

Ketika camping maupun mendaki gunung apalagi melakukan pendakian yg perlu waktu lebih dari sehari, kompor lapangan ialah satu perlengkapan pokok yg esensial.

Fungsinya yg amat vital terkait dgn kecukupan asupan nutrisi buat tubuh. Tak ada kompor akan menyebabkan proses memasak bakal teramat sulit buat dilakukan, apalagi ketika cuaca jelek datang menghampiri.

Tipe Kompor buat Camping & Mendaki Gunung

Ada macam-macam tipe kompor lapangan yg tersedia di tempat penjualan perlengkapan outdoor.

Salah satunya yang berbahan bakar gas. Ukurannya beragam, termasuk ukuran yang praktis sehingga jadi gampang buat dibawa.

Beragamnya opsi, bisa jadi malah membuat bingung dalam menentukan yang tipe kompor mana yg mesti dipilih. Sejumlah tips di bawah ini mungkin bisa menolong teman-teman untuk memutuskan pilihan.

Baca juga: Tempat Camping di Bogor

Jadikan kondisi lahan camping maupun jalur pendakian untuk acuan pemilihan kompor.

1. Tipe Medan serta Pemilihan Waktu Acara

Bila dihadapkan dengan tipe medan terbuka, teman-teman mesti ambil tipe kompor yg mempunyai pelindung daripada gangguan hembusan si angin.

Kita tahu, angin di pegunungan umumnya berhembus amat kencang, terlebih bila di medan terbuka yg tak mempunyai densiti vegetasi pepohonan.

Buat medan pendakian spesial misalkan daerah tertutupi salju maupun medan dgn ketinggian lebih dari 4.000 mdpl, kompor dengan bahan bakar gas bakal sukar buat dipakai di lingkungan bertekanan udara serta suhu yg amat rendah, karena itu teman-teman mesti menemukan solusi buat mendapatkan kompor yg tepat.

2. Jumlah Anggota Kelompok

Total grup yg ikut kegiatan pun baiknya dijadikan tolak ukur buat menentukan kompor lapangan.

Ini terkait erat dgn porsi makanan yg mesti dimasak, serta alokasi waktu yg diperlukan buat memasak.

Buat sejumlah kelompok yg besar, jauhi menggunakan kompor yg tak dirancang buat memasak untuk kuantiti banyak. Lebih bagus bila ambil kompor gas saja sebab kompor ini punya nilai plus dalam efisiensi waktu yg cepat serta api kompor yang lebih stabil.

3. Lama Waktu Pendakian

Pendakian dengan waktu yg lumayan panjang akan meminta kita buat mengambil efisiensi untuk bermacam hal, termasuk juga ketika memasak.

Penentuan tipe bahan bakar yang tepat juga penting karena akan berkenaan dengan bobot beban total yang harus dibawa nanti. Hindari kompor yang konsumsi bahan bakarnya boros.

Dalam perjalanan yang lama, mau tak mau kondisi badan akan menurun karena lelah dan habisnya tenaga. Karena itu pilih kompor yang simpel dan tak menambah banyak beban yang akan kita tanggung nantinya.

Info wisata alam yang asik bisa teman-teman lihat di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here