Tips Berlindung dari Sambaran Petir buat yg Camping dan Naik Gunung

Tahukah teman-teman mengenai 3 orang yang mendaki Gunung Slamet yg terkena sambaran petir pada hari Kamis, tanggal 29 Desember 2016 dulu?

Apakah ada tips berlindung dari sambaran petir ketika camping maupun naik gunung?

Para pendaki tersebut disambar petir ketika lagi rehat serta menunggu hujan berhenti bersama dengan 30 pendaki yang lainnya pada spot yg sama.

Tentunya, semua orang tak ingin kejadian tersebut terulang. Karena itulah baiknya kita memahami beberapa metode untuk menghindari tersambar petir khususnya ketika camping & hiking.

Kita perlu selalu waspada terhadap anomali cuaca, yakni keadaan cuaca yg tak beraturan sebagaimana umumnya cuaca diwaktu yang sama ditahun-tahun sebelumnya. Anomali cuaca dapat teramati dikala berubahnya curah hujan, begitupun siraman sinar matahari dibermacam lokasi spot-spot mendaki. Seringkali cuaca yang awalnya cerah langsung extreme berganti menjadi mendung disertai petir.

Seram bukan..?

Bila telah diketahui saat ini dilokasi yang dituju diguyur hujan dan muncul petir, ada baiknya diundur dulu waktu pendakiannya.

Bila tetep lanjut, maka selalu ikuti arahan petugas pos di sana dengan baik.

Berikut ini beberapa tips yang perlu teman-teman pelajari lebih dalam.

Tips Berlindung dari Sambaran Petir dikala Camping & Mendaki Gunung

1. Cek Prakiraan Cuaca

Melakukan cek prakiraan cuaca ialah step pertama yg bagus buat mengetahui cuaca yang jelek yg diikuti petir.

Badai petir umumnya muncul dikala sore. Tatkala teman-teman lihat awan pekat yg diikuti kilat serta petir, secepatnyalah teman-teman temukan pos maupun shelter untuk berlindung.

2. Rumus Matematika

Agar mengetahui lokasi kita saat ini aman atau tidak, maka mau tak mau kita harus coba mengetahui jarak si petir nya.

Rumus 1:

Catat berapa selang waktu antara kemunculan kilat dengan terdengarnya bunyi petir. Kemudian bagi angka tersebut dengan angka 5.

Hasil dari pembagian tersebut akan memberikan teman-teman jarak kasar dalam satuan mil yang mana 1 mil = 1.609km.

Sebagai patokan bila jarak petir tersebut 6 mil atau kurang dari lokasi teman-teman, maka berhati-hatilah lokasi tersebut masih berada dalam zona dari sambaran si petir tersebut.

Rumus 2:

Rumus sederhana ini juga bisa menolong kita membuat keputusan:

30 detik/30 menit

Arti dari rumus ini ialah: bila suara petir terdengar tak lebih dari 30 detik setelah kemunculan kilat, maka itu artinya bahaya.

Rekomendasi: Tempat Camping di Bogor

Teman-teman wajib secepatnya mencari dan temukan tempat untuk berlindung. Lalu tinggalah di pos maupun shelter selama 30 menit kedepan dihitung dari suara gelegar petir terakhir yang terdengar.

3. Tempat Berlindung Seperti Apa yg Harus di Cari?

Temukan tempat sepert pos penampungan, pondok, lubang maupun goa. Andai bisa, secepatnya segera turun ke wilayah dataran rendah. Bergeraklah ke arah lembah maupun daerah yang mempunyai sejumlah lekukan.

Jauhi spot tinggi serta lokasi yang mana objek-objek di sekelilingnya mempunyai ketinggian yang menjulang.

4. Tinggalkan dan Jauhkan Barang Bawaan yg Mengandung Logam

Secepatnya lepas serta tinggalkan berbagai bawaan yang mengandung logam. Entah itu perhiasan, ikat pinggang, ransel ataupun bawaan lainnya. Jauhkan barang-barang tersebut sekurang-kurangnya 100kaki dari posisi teman-teman.

Khusus untuk wanita, termasuk kawat pada bra pun akan menarik bahaya tersambar petir. Selain itu retsleting pakaian pun sama juga bisa menarik bahaya tersambar oleh petir. Karena itu silahkan ganti dengan yang tak mengandung logam.

5. Menyebar dari Kelompok

Bila saat di lokasi datar kelompok teman-teman terjebak dalam situasi bahaya sambaran petir ini, maka lakukan penyebaran. Jangan bergerombol semua dalam satu titik.

Sebar anggota kelompok ke beberapa titik dengan jarak pisah sekitar 50 sampai dengan 100 kaki. Penyebaran ini merupakan konsep mitigasi maupun menangani kasus bencana. Maksud dari penyebaran ini ialah andai salah seorang tersambar petir maka yang lain dapat menolong.

Bila petir telah berlalu dan sayangnya ada rekan yg terkena sambarang petir maka secepatnya tolong dia. Dia aman buat disentuh yg artinya tidak tersisa residu elektrik yg tersisa. Andai rekan kita tersebut tak dapat bernapas langsung cepat lakukan CPR.

Cek bagian badannya kena luka bakar, khususnya pada bagian badan yang mengenakan logam. Usahakan agar suhu badannya tetep hangat serta jika cuaca telah kembali baik langsung dapatkan bantuan petugas.

Lihat halaman depan kami? Klik di link berikut: Camping Ground Bogor Murah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here